oleh

Atasi Banjir, Atau Mundur!

radarlampung.co.id – Banjir yang terjadi di Desa Rangai Tritunggal terjadi tiap tahun. Karena itu, harus ada penanganan serius yang dilakukan aparat setempat.

Pelaksana tugas (Plt.) Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto mengatakan, berdasar keterangan warga, banjir disebabkan air dari atas gunung. ”Air dan sampah dari atas lewat parit. Di sini (gorong-gorong, Red), lubangnya kecil,” kata Nanang saat meninjau lokasi banjir, Sabtu (1/12).

Karena itu, ia meminta kepala desa dan camat membuat peraturan desa untuk disosialisasikan kepada masyarakat yang tinggal di bagian atas. ”Jadi, jika ada perdes, maka warga yang buang sampah sembarangan bisa didenda,” tegasnya.

Jika langkah penanganan tidak segera dilakukan, maka banjir akan terus terjadi.  ”Saya lihat banyak aliran siring yang tertutup bangunan. Ini kan, menghambat aliran air sehingga meluap,” sebut dia.

Iapun menegaskan tidak main-main menangani masalah ini. Jika camat tidak sanggup menyelesaikan masalah tersebut, yang bersangkutan dipersilahkan mundur. ”Saya nggak main-main untuk masalah seperti ini. Saya nggak bisa tidur memikirkan bencana alam ini,” kata dia.

Pada bagian lain, Nanang mengajak masyarakat yang terkena musibah untuk lebih menjaga lingkungannya,”Kalau bukan kita, siapa lagi yang mau menjaga lingkungan,” ucapnya. (pip/ais)

Komentar

Rekomendasi