oleh

BPBD Petakan Delapan Daerah Rawan Banjir

radarlampung.co.id – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Lampung menyatakan, delapan daerah rawan bencana Banjir. Itu berdasarkan hasil pemetaan yang dilakukan terhadap Kabupaten dan Kota yang harus mendapat perhatian khusus.

Kepala Bidang Pencegahan dan Keselamatan BPBD Lampung AGP Madiono mengungkapkan kedelapan daerah tersebut adalah Lampung Selatan, Pesawaran, Tanggamus, Pesisir Barat, Tulangbawang, Tulangbawang Barat, Waykanan, dan Bandarlampung.

“Untuk Bandarlampung dan Lampung Selatan itu secara umum diakibatkan drainase dan permukaan laut yang pasang. Sehingga ketika terjadi hujan, rentan banjir. Daerah lainnya rata-rata dikarenakan meluapnya sungai ketika curah hujan tinggi,” jelasnya kepada radarlampung.co.id, Sabtu (1/12).

Yono –sapaanya menambahkan, sebenarnya ada dua daerah yang masih dalam tahap pemetaan. “Yakni Lampung Utara dan Lampung Tengah. Tapi saya belum dapat laporan,” imbuhnya.

Soal penanganan bencana banjir yang terjadi di beberapa daerah, Yono memastikan pihaknya selalu siap turun ketika memang harus bertindak.

“Logistik, tenda, dan perahu karet kami siapkan. Tim satgas bencana juga bisa diturunkan jika diperlukan. Yang sudah kontak kami itu dari Tanggamus, meminta bantuan alat berat. Sementara kami belum ada, surat akan kami teruskan ke Dinas PUPR,” tandasnya. (abd/kyd)

Komentar

Rekomendasi