oleh

Dua Hari Lagi Panen, Ratusan Ha Sawah Terendam

radarlampung.co.id – Sempat surut Jumat pagi (30/11), air meninggi pada malam hari. Akibatnya lima pekon di Kecamatan Wonosobo, Tanggamus kembali banjir. Wilayah tersebut adalah Pekon Karanganyar, Kalirejo, Dadimulyo, Kalisari dan Banjarsari. Ratusan rumah terendam.

Menurut Suyitno, warga Pekon Karanganyar, air memasuki rumah Sabtu pagi (1/12). Sekitar 200 rumah di Dusun 2 dan 4 terendam. Begitu juga dengan ratusan hektare (Ha) padi yang siap panen.

”Jumat pagi sempat surut. Tapi malamnya hingga tadi pagi, hujan lagi. Akibatnya Way Semaka kembali meluap,” kata Suyitno kepada Radarlampung.co.id, Sabtu (1/12).

Baca :   Siaga, Ratusan Rumah Terancam Banjir

Dilanjutkan, rencananya, ratusan hektare sawah itu dua hari lagi akan dipanen. ”Sekarang terendam lagi. Mungkin kalau air surut, cuma setengahnya yang bis dipanen,” keluhnya.

Sementara, anggota DPRD Tanggamus Diki Fauzi mengatakan, banjir di Karanganyar memang sering terjadi. Salah satunya disebabkan sebagian besar talud dan bronjong Way Semaka yang rusak serta pendek.

Baca :   Hujan Deras, Dinding Rumah Ambruk

“Solusinya, tanggul harus ditinggikan dan dibuat bronjong. Kalau sekadar dinormalisasi dan tanggul darurat, ya jebol lagi,” kata Diki.

Hal sama disampaikan Ketua Komisi III DPRD Tanggamus Buyung Zainudin. ”Butuh gerak cepat dari pemprov. Sebab Way Semaka wewenang pemprov. Pemkab dan DPRD sudah beberapa kali mengajukan. Tapi belum juga terealisasi,” sebut dia. (ral/ais)

Komentar

Rekomendasi