oleh

Pesawaran Berstatus Siaga Darurat Bencana 

RADARLAMPUNG.CO.ID – Intensitas hujan tinggi dan sejumlah wilayah di pesisir Pesawaran yang rawan banjir dan longsor membuat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD)  Pesawaran menetapkan status siaga darurat bencana.

“Seperti tadi subuh longsor kembali terjadi di Desa Kekatang, Kecamatan Padangcermin. Dan juga kemarin di Desa Ketapang Padangcermin. Belum lagi ancaman banjir, kita tidak bisa lengah dan tidur nyenyak harus siaga,” ungkap Kepala BPBD Pesawaran Mustari Sabtu (1/12).

Dikatakan, topografi wilayah pesisir yang banyak lereng tentunya berpotensi besar terjadinya tanah longsor. Untuk itu pihaknya mengimbau agar warga waspada, terutama warga yang bermukim di dekat lereng atau pegunungan.

“Artinya statusnya siaga darurat bencana, dan ini tidak bisa kita atasi sendiri, perlu peran serta semua pihak,” ucapnya.

Mantan Kepala Kantor Pengelola Hutan Lindung ini berharap agar alat berat di Dinas PU dan Pera dapat stanby. Alat berat diperlukan untuk membersihkan sisa material longsor.

“Seperti di Kekatang warga secara swadaya. Kita berharap dinas terkait juga tanggap menyikapi hal ini. Dan kita akan usulkan juga ke provinsi agar titik-titik rawan longsor yang berada di jalur provinsi dapat ditrap. Karena itu merupakan jalan provinsi dan kewenangan provinsi,” tandasnya. (ozi/sur)

Komentar

Rekomendasi