oleh

Puluhan Rumah Di Bantaran Way Ngaras Terancam  

radarlampung.co.id – Tidak hanya menghanyutkan satu rumah. Banjir yang terjadi di Pekon Kotabatu, Kecamatan Ngaras, Pesisir Barat juga mengancam puluhan pemukiman lain.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pesisir Barat Syaifullah melalui Plt. Kasi Kedaruratan Edi Firdaus mengatakan, ada 21 rumah yang terancam. Pemukiman tersebut berada di bantaran Way Ngaras, tepatnya di Pekon Negeriratu Ngaras.

”Sungai itu ada di perbatasan Pekon Negeriratu Ngaras dengan Kotabatu,” kata Edi, Sabtu (1/12).

Menurut dia, saat ini sebagian warga yang tinggal di bantaran sungai sudah mengungsi. Sebab kondisi di wilayah tersebut bisa mengancam keselamatan.

”Untuk akses jalan, hingga kini tidak masalah. Meski jembatan putus, warga masih bisa memutar arah. Memang jaraknya cukup jauh,’ ungkapnya.

Terkait lokasi pemakaman yang tergerus, Edi menyatakan, BPBD akan berkoordinasi dengan instansi terkait. ”Tempat pemakaman umum tersebut cukup parah dan terancam habis tergerus,” sebut dia.

Banjir yang terjadi Sabtu dini hari tersebut menyebabkan satu rumah di Pekon Kotabatu terseret  arus. Kemudian jembatan penghubung Kotabatu dengan Negeriratu putus dan sebagian tempat pemakaman umum (TPU) tergerus. (yan/ais)

Komentar

Rekomendasi