oleh

Tiga Desa di Penengahan Terendam

radarlampung.co.id – Tiga desa di Kecamatan Penengahan, Lampung Selatan dilanda banjir, Sabtu pagi (1/12). Wilayah tersebut adalah Desa Pasuruan, Kekiling, dan Kuripan.

Kepala Desa Kekiling Idham Husni mengatakan, banjir dipicu luapan air sungai di kawasan tersebut. Ini diperparah dengan limpahan air dari gunung. ”Sebelumnya hujan deras turun di daerah kami. Sungai meluap dan ada limpahan air dari gunung,” kata Idhan dihubungi Radarlampung.co.id.

Sementara di Desa Pasuruan, ada dua dusun yang terdampak banjir. Kepala Desa Pasuruan Kartini mengungkapkan, banjir terjadi di Dusun Pasuruan Bawah dan Sumbersari.

”Banjir menyebabkan banyak perabotan rumah warga terendam,” sebut kartini.

Pada bagian lain, Dusun Sekurip dan Banyu Urip di Desa Kuripan menjadi titik terparah yang terdampak banjir. Kepala Dusun Sekurip Bahtiar mengatakan, air juga juga merendam  lahan perkebunan dan pertanian.

”Belum kami data. Tapi perkiraan, ada delapan hektare yang terkena banjir. Lahan padi, jagung dan lainnya,” ujarnya.

Fasilitas umum juga tidak luput dari terjangan banjir. Jalan pengubung di desa tersebut putus. ”Ada jalan timbunan menuju Dusun Pahabung, Desa Ruang Tengah yang terputus,” ucapnya. (rnd/ais)

Komentar

Rekomendasi