oleh

Ini Daerah Rawan Bencana di Pringsewu

radarlampung.co.id – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) siaga menghadapi kemungkinan bencana yang terjadi pada musim hujan. Terlebih, beberapa daerah di kabupaten itu masuk kategori rawan bencana.

Kepala BPBD Pringsewu M. Khotim mengatakan, dari informasi BMKG, diperkirakan hujan ringan hingga lebat di wilayah Lampung Barat, Way Kanan, Lampung Utara, Pesisir Barat, Tuba Barat, Lampung Tengah, Pesawaran. Ini terjadi pada siang dan sore hari. ”Termasuk Pringsewu. Prediksinya hujan sore hari,” kata M. Khotim, Minggu (2/12).

Khotim mengungkapkan, antisipasi banjir harus dilakukan semua pihak. Terutama saluran drainase, termasuk irigasi. “Perlu peran serta masyarakat untuk membersihkan drainase,” tegasnya.

Sementara untuk daerah rawan banjir di Pringsewu adalah  Pekon Ambarawa, dan Ambarawa Barat di Kecamatan Ambarawa. Kemudian Pekon Sukaratu, Pagelaran, dan Lugusari, kecamatan Pagelaran.

”Selanjutnya, Pekon Wates, Bulokarto, Gadingrejo Timur, Krandegan, dan Parerejo, Kecamatan Gadingrejo,” sebut dia.

Wilayah lain, Pekon Sidoharjo, Kelurahan Pringsewu Timur; Pringsewu Selatan, Pringsewu Utara, Pringsewu Barat, kecamatan Pringsewu. Lalu Kecamatan Sukoharjo dan Adiluwih.

”Untuk rawan longsor, ada di Kecamatan Pardasuka, Gadingrejo dan Pagelaran Utara. Sejumlah daerah di kecamatan itu terdiri dari bukit dan lembah,” urai Khotim. (sag/ais)

 

Komentar

Rekomendasi