oleh

Ingat, Besok Pemkab Tubaba Umumkan Peserta Tes SKB CPNS

RADARLAMPUNG.CO.ID – Terbitnya Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Permenpan RB) Nomor 61 tahun 2018 tentang Optimalisasi Pemenuhan Kebutuhan/Formasi PNS Dalam Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Tahun 2018, 19 November 2018, membawa angin segar dan harapan baru, khususnya bagi para peserta seleksi CPNS yang tidak memenuhi nilai ambang batas (passing grade) yang ditetapkan dalam seleksi kompetensi dasar (SKD).

Melalui Permen tersebut, pemerintah memberlakukan perengkingan nilai peserta SKD yang tidak mencapai passing grade, namun hanya berlaku bagi jabatan yang kosong atau tidak ada yang memenuhi passing grade sesuai  Permenpan RB Nomor 36 tahun 2018 tentang Kriteria Penetapan Kebutuhan Pegawai Negeri Sipil dan Pelaksanaan Seleksi CPNS Tahun 2018.

Sejatinya, passing grade tetap diberlakukan dalam perengkingan ini, namun tidak untuk setiap bidang (TIU, TWK, dan TKP) seperti sebelumnya. Perengkingan dilakukan berdasarkan nilai kumulatif SKD dengan ketentuan bagi formasi umum nilai kumulatif paling rendah 255, sedangkan formasi khusus paling rendah 220.

Ya, sebelum Permenpan RB Nomor 61 tahun 2018 terbit, kuota formasi di Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) terancam tidak terpenuhi, mengingat SK Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Nomor 251 tahun 2018 tentang Kebutuhan Pegawai ASN di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Tubaba Tahun 2018, 30 Agustus 2018 menetapkan Tubaba mendapatkan jatah sebanyak 283 formasi.

Rinciannya, 150 formasi guru, 100 formasi tenaga kesehatan, 30 formasi tenaga tekhnis lainnya, dan 3 formasi untuk Tenaga Honorer Kategori Dua (THK2).

Sedangkan, peserta SKD di Kabupaten Tubaba yang mencapai passing grade hanya 127 pelamar.

“Setelah adanya kebijakan baru sesuai Permenpan RB Nomor 61 tahun 2018 ini, di Tubaba ada sebanyak 486 peserta SKD yang dipastikan lolos untuk mengikuti tahapan seleksi terakhir, yakni Seleksi Kompetensi Bidang (SKB),” ungkap Kabid Pengadaan, Mutasi, dan Diklat, Syahlan, SH, MM mendampingi Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat Daerah (BKD) Kabupaten Tubaba Drs. Lekok, MM, Senin (3/12) sore.

Pengumuman hasil SKD dan peserta yang berhak mengikuti SKB akan diunggah secara resmi paling lambat 4 Desember 2018. “Untuk Kabupaten Tubaba, daftar lengkapnya bisa dilihat langsung di web resmi BKD Kabupaten Tubaba di www.bkdtulangbawangbarat.com. Selanjutnya, kita tinggal menunggu pengumuman jadwal pelaksanaan SKB dari BKN (Badan Kepegawaian Negara),” pungkasnya.

Dia menjelaskan, meski dilakukan perengkingan namun tetap ada batasan jumlah peserta yang berhak mengikuti SKB, yakni hanya tiga kali formasi. Dan, ketentuan ini juga berlaku bagi peserta yang mencapai passing grade pada SKD beberapa waktu lalu.

“Untuk jabatan yang kosong dilakukan perengkingan bagi peserta yang melamar di jabatan tersebut. Sedangkan bagi yang memang sudah mencapai passing grade pada SKD namun jumlahnya lebih dari tiga kali formasi maka direngking dan nilai terbawah setelah cukup tiga kali formasi maka tidak bisa mengikuti SKB meski passing grade tercapai,” terangnya. (fei/ded)

Komentar

Rekomendasi