oleh

Heboh Penarikan Empat Pecahan Uang, Ini Sisi Lain yang Justru Menguntungkan

Nilai Tukar Bisa Meningkat hingga 180 Persen

RADARLAMPUNG.CO.ID – Akhir bulan ini, empat uang kertas yang beredar di masyarakat akan dicabut alias kadaluwarsa. Nantinya, uang tersebut sudah tidak laku lantaran tak lagi bisa digunakan sebagai alat transaksi pembayaran.

Empat uang tersebut adalah pecahan Rp10.000 bergambar Cut Nyak Dien, Rp20.000 bergambar Ki Hajar Dewantara, Rp50.000 bergambar WR Supratman, serta Rp100.000 bergambar Bung Karno dan Bung Hatta dengan gambar belakang Gedung MPR.

Otomatis, sebentar lagi, ke empat mata uang tersebut sudah tak terpakai dan akan menjadi kategori kuno dalam puluhan tahun mendatang. Banyak orang berbondong-bondong menukarkannya ke bank.

Berikut ini video penjelasan BI: 

Kebanyakan orang tak terpikirkan untuk mengoleksi uang kuno. Padahal investasi di bidang numismatik ini cukup menarik.

Mengutip laman uangkuno.com, terdapat para kolektor tertentu yang memilih hanya mengumpulkan uang-uang yang menurut pendapatnya mempunyai prospek yang cerah, yang mungkin akan mengalami kenaikan harga yang signifikan.

Pada tahun 2004 harga selembar uang pecahan 5 rupiah 1957 (orangutan) var 3 huruf kondisi UNC sekitar Rp125.000. UNC (Uncirculated) adalah kondisi uang sangat baik karena tidak pernah digunakan atau hanya beberapa kali digunakan.

Pada 2010 harga uang yang sama sudah sekitar Rp350.000. Berarti uang tersebut sudah mengalami kenaikan harga sekitar 180 persen dalam waktu 6 tahun. Atau bila dirata-ratakan adalah 30 persen pertahun.

Komentar

Rekomendasi