oleh

Kasus DBD di Tanggamus Naik Dua Kali Lipat

radarlampung.co.id – Hingga awal Desember, jumlah penderita penyakit demam berdarah dengue (DBD) di Tanggamus mencapai 105 kasus. Ini meningkat dibanding periode sama tahun lalu yang mencapai 40 kasus.

Sekretaris Dinas Kesehatan (Diskes) Tanggamus Taufik Hidayat mengatakan, dari 105 kasus tersebut, dua di antaranya meninggal dunia. Kasus terjadi di wilayah Puskesmas Negarabatin, Kecamatan Kotaagung Barat Juli lalu.

”Penderita tidak bisa diselamatkan.  Ini terjadi karena lambat ditangani. Pihak keluarga menduga hanya sakit biasa. Ternyata saat dibawa ke fasilitas kesehatan, positif DBD dan kondisi syok hingga masuk fase kritis,” kata Taufik mewakili Kepala Dinas Kesehatan Tanggamus Sukisno,  Rabu (5/12).

Dilanjutkan, tingginya kasus DBD juga dipengaruhi perubahan iklim yang cepat. Ini menjadi pemicu berkembangbiaknya nyamuk Aedes Aygepty yang menyebarkan virus penyakit tersebut.

”Ini juga dipengaruhi mobilitas penduduk yang tinggi. Misal, bepergian ke daerah lain. Saat pulang, ternyata sudah sakit,” sebut dia.

Untuk mencegah penyakit DBD, dibutuhkan peran serta masyarakat. Langkah yang dilakukan mulai dari pemberantasan sarang nyamuk (PSN) dan menjaga kebersihan lingkungan. Kemudian menerapkan 3M (menutup, menguras dan mengubur). ”Jangan biarkan ada genangan air yang menjadi tempat nyamuk berkembang biak,” tegasnya. (ehl/ral/ais)

 

Komentar

Rekomendasi