oleh

Nahan Kencing Bisa Jadi Batu Kandung Kemih Seberat 1 Kg

radarlampung.co.id – Tim Dokter Bedah Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Moeloek (RSUAM) berhasil mengeluarkan Batu Kandung Kemih dari pasiennya, S (52) asal Merbau mataram, Lampung Selatan, Kamis (29/11)

Cukup mencengangkang. Sebab setelah ditimbang, berat batu kandung kemih tersebut mencapai 1000 Gram atau 1 Kilogram. Lalu apa penyebabnya?

dr. Yanwar, spesialis Bedah Urologi RSUDAM menyebut, menahan kencing yang terlalu lama bisa menjadi penyebab utama batu di dalam kandung kemih.

Secara medis, kata dia, ada dua jenis batu yaitu, primer yang terjadi pada bayi atau bawaan lahir dan sekunder biasa dialami orang dewasa.

“Penyebab pasti untuk jenis primer masih belum diketahui. Kalau yang dialami bapak itu kemarin (pasien S) adalah Jenis sekunder. Kita sebutnya ada penyumbatan di uretra, yang di dalam saluran sepanjang 15 cm bisa terjadi penyempitan, sehingga air kencing tidak keluar sampai habis, selalu sisa. Karena air kencing tersisa maka jadilah batu,” jelas dr. Yanwar saat ditemui di ruangan Paviliun Rumah Sakit setempat, Rabu (5/12).

Ia mengungkapkan, di Lampung cukup banyak pasien penderita batu kandung kemih. Bahkan 50 persennya, batu kandung kemih yang didominasi pasien laki-laki tersebut sudah membesar.

“Jadi jangan pernah menahan kencing dan cukupi air minum. Karena hampir semua penyakit yang berhubungan dengan seni itu kurangnya asupan air atau dehidrasi, yang setiap harinya harus minum 1,5 liter air,” pungkasnya. (mel/kyd)

Komentar

Rekomendasi