oleh

Tewaskan Dua Orang, Tambang Pasir Ditutup

radarlampung.co.id – Polsek Pesisir Utara, Pesisir Barat menutup sementara lokasi tambang di Pekon Bambang, Kecamatan Lemong. Sebelumnya, lokasi tersebut longsor, Selasa (4/12).

Dua orang tewas dalam peristiwa itu. Mereka adalah Alan (18) dan Supriyatna (23). Sementara Tika Sari (21), mengalami luka berat di kepala dan masih menjalani perawatan di Rumah Sakit Umum Daerah dr. Hi. Abdul Moeloek (RSDUAM) Bandarlampung.

Kapolsek Pesisir Utara AKP Suhairi mengatakan, penutupan dilakukan agar agar tidakada aktivitas penambangan pasir di wilayah tersebut. ”Lokasi sudah dipasanggaris polisi. Artinya, kawsan itu tertutup dan dilarang ada aktivitas,” kata Suhairi, Rabu (5/12).

Sementara Pj. Peratin Pekon Bambang Muslimin mengatakan, pihaknya sudah beberapa kali mengingatkan pekerja agar jangan mengambil pasir langsung dari bawah. Sebab dikawatirkan akan terjadi longsor.

”Sudah kita sarankan agar mengambil pasir dari atas terlebih dahulu. Dengan begitu tebing tidak longsor. Apa yang kita khawatirkan terjadi,” sebut dia.

Pihaknya berharap aktivitas penambangan pasir di kawasan tersebut dihentikan sementara. Terlebih saat ini cuaca buruk. ”Kami berharap warga tidak mengambil pasir di lokasi longsor. Apalagi saat cuaca hujan seperti saat ini,” tegasnya.

Longsor tersebut terjadi di tanjakan Talang Tinggi sekitar pukul 14.30 WIB, Selasa (4/12). Sebelum kejadian, ada lima orang yang sedang mengambil pasir.

”Pasir tersebut digunakan untuk pembangunan rumah salah seorang warga di Dusun Waykerkai, Pekon Pagardalam, Lemong,” kata Suhairi.

Sekitar pukul 12.00 WIB, kelima orang ini pulang. Satu jam kemudian, mereka hendak kembali ke lokasi penambangan. Namun karena hujan, dua orang tidak berangkat.

”Saat itu hanya ketiga korban yang berangkat. Ternyata hujan menyebabkan tanah di atas tebing longsor dan menimbun ketiga korban,” ujarnya.

Danang, salah seorang warga melihat peristiwa itu. Saat itu, Tika Sari sudah tertimbun dan hanya terlihat kepalanya. Ia kemudian memberitahu warga dan diteruskan ke Polsek Pesisir Utara. (ygi/ais)

 

 

Komentar

Rekomendasi