oleh

KPU Sempurnakan Data Pemilih Lansia

radarlampumg.co.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lampung kembali melakukan penyempurnaan Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan (DPTHP) Tahap 2. Kali ini, salah satu fokus pencermatan terhadap pemilih lanjut usia (lansia) di atas 70 tahun dan kegandaan luar negeri.

Hasilnya, dari sekitar 254.151 pemilih dengan usia di atas 70 tahun yang direkomendasikan Bawaslu untuk dicermati telah berjalan 50 persen. Ini merupakan hasil pencermatan yang dilakukan KPU kabupaten/kota dibantu Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS).

Komisioner KPU Lampung divisi Program dan Data Handi Mulyaningsih mengatakan, di Lampung telah dilakukan pencermatan. Dari 254.151 data telah dicermati sebanyak 101.183 data pemilih berusia di atas 70 tahun.

Handi mengatakan pencermatan pemilih di atas usia 70 tahun memang bukan berarti dikaitkan dengan kematian, karena itu tidak selalu berkolerasi dengan usia. “Namun rekomendasi tetap KPU jalani, ini juga perintah KPU RI. Di Lampung, sudah dicermati 101.183 pemilih usia 70 tahun lebih dimana hasilnya 97% masih memenuhi syarat, hanya 3% yang tidak memenuhi syarat dan dinyatakan meninggal dunia,” jelas Handi melalui pesan Whastappnya, Kamis (6/12).

Handi mengakui, sebelumnya KPU kabupaten/kota di Lampung telah 100% menyelesaikan pencermatan data ganda, anomali dan DP4 (Daftar Penduduk Potensial Pemilih) non DPT, GMHP (Gerakan Memenuhi Hak Pilih) yang telah diplenokan di DPTHP 2 tingkat Provinsi November lalu.

“Tinggal 0,173% atau 10.560 pemilih berkategori AC atau pemilih potensial non e-KTP tidak ketemu padanannya di DP4 se-provinsi Lampung yang masih berproses. Artinya DPTHP 2 Lampung sudah valid pada angka 99,827 persen,” pungkasnya. (rma/kyd)

Komentar

Rekomendasi