oleh

Lebih Tonase, Jangan Lintasi Jalan Mesuji!

radarlampung.co.id – Tindakan tegas diberikan kepada kendaraan melebihi tonase yang melintas di Mesuji. Salah satunya dalam razia yang dilaksanakan Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika (Dishubkominfo) setempat, Jumat dini hari (7/12).

Kegiatan tersebut berlangsung di jalan provinsi Simpangpematang menuju Wiralaga Mulya. Tim gabungan yang terdiri dari Dishubkominfo, aparat kepolisian dan Satpol PP memeriksa muatan kendaraan.

”Saat ini Mesuji sedang gencar membangun infrastruktur jalan. Tugas kami menjaga jalan tersebut agar tidak dilewati kendaraan melebihi tonase. Ini akan membuat usia badan jalan lebih pendek.” Tegas Kepala Dishubkominfo Mesuji Widada.

Dilanjutkan, kegiatan tersebut menindaklanjuti instruksi Bupati Mesuji agar menertibkan kendaraan yang melewati batas tonase dan dimensi sesuai kelas jalan. Kemudian berpedoman pada UU Nomor 38/2004 tentang Jalan dan UU Nomor 22/2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

”Mengacu pada peraturan tersebut, kelas jalan provinsi adalah kelas II. Kemudian kelas III untuk jalan kabupaten. Bagi yang melanggar, ada ancaman pidana penjara paling lama satu tahun atau denda maksimal Rp24 juta,” urainya.

Sementara dalam razia tersebut, satu kendaraan ditilang karena melebihi tonase. ”Sebelum kita lakukan penindakan, telah kita sosialisasikan kepada supir-supir dan perusahaan-perusahaan yang ada di Mesuji agar tidak membawa muatan melebihi tonase,” ucapnya. (muk/ais)

 

Komentar

Rekomendasi