oleh

Program CSR Meningkat Dari Tahun ke Tahun

radarlampung.co.id – Forum CSR Lampung memberikan penghargaan kepada perusahaan, UKM, badan publik dan media massa yang memiliki kuantitas dan kualitas program. Kegiatan ini dikemas dalam anugerah Lampung Sustainability Award (LSA) 2018 di Center Stage, Hotel Novotel, Jumat malam (7/12).

Ketua Forum CSR Lampung Dr. Saptarini mengatakan, pada tahun ketiga gelaran ini, anugerah yang sebelumnya bernama Lampung CSR Award (LCA), diganti menjadi Lampung Sustainability Award (LSA).

”Tujuannya untuk memperluas cakupan penerima penghargaan,” kata Saptarini dalam sambutannya.

Ia menuturkan, tahun pertama ketika masih dengan nama Lampung CSR Award, penerima penghargaan hanya terdiri dari perusahaan besar.

Berikutnya, bertambah cakupan dengan melibatkan UKM. Sektor ini perlu diikutsertakan. Sebab banyak menerapkan prinsip bisnis berkelanjutan.

“Banyak UKM yang memiliki konsep berkelanjutan. Seperti kepedulian terhadap lingkungan dan lain-lain. Mereka kerap sharing ke kita. Tanpa disadari, sebenarnya ini termasuk dalam cakupan CSR yang kita butuhkan,” tegasnya.

Saptarini melanjutkan, penilaian tahun ini juga tidak lagi didasarkan pantauan di lapangan. Tetapi mengacu pada laporan yang masuk ke Forum CSR Lampung. ”Tahun ini ada 654 program yang digiatkan pada sosial dan lingkungan. Jumlah ini meningkat pesat jika dibandingkan tahun sebelumnya sebanyak 512 program, dan tahun 2016 sebanyak 479 program,” urainya.

Naiknya jumlah program tersebut menunjukkan peningkatan tanggung jawab sosial. Bukan sekadar praktik, tapi kebutuhan yang layak dijadikan kehormatan. Perusahaan juga menjadi lebih sadar untuk menyelaraskan diri dengan isu-isu sosial, ekonomi dan lingkungan. (ega/ais)

 

Komentar

Rekomendasi