oleh

Waspada Serangan Hama Blas

radarlampung.co.id – Dinas Pertanian Pesawaran mengimbau petani mewaspadai serangan hama blas. Ini menyerang padi yang berumur satu hingga dua bulan.

Kepala Dinas Pertanian Pesawaran Anca Martha Utama didampingi Kepala  Bidang Tanaman Pangan Budi Wirawan mengatakan, serangan hama blas bisa menyebabkan patah leher batang padi. Karena itu pihaknya meminta agar petugas dan POPT melalukan monitoring serta melaporkan jika terjadi serangan.

“Begitu ada laporan dari UPT, kita turun untuk memverikasi. Setelah itu kita berikan bantuan obat-obatan, untuk mengendalikan serangan hama,” kata Anca Martha Utama, Jumat (7/12).

Dilanjutkan, selain mewaspadai serangan hama, pihaknya juga mengimbau kepada para petani agar mewaspadai bencana terutama banjir. Mengingat saat ini curah hujan tinggi dan dikhawatirkan dapat menyebabkan sawah puso.

”Kalau ada kejadian dan menimbulkan bencana hingga puso, kita segera mengusulkan bantuan bibit melalui cadangan benih daerah dan cadangan benih nasional,” tegasnya. (ozi/ais)

 

Komentar

Rekomendasi