oleh

Alihkan Kebiasaaan Anak Bermain Gadget

radarlampung.co.id – Taman Bermain (TK) dan Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Pelangi Bandarlampung menggelar seminar parenting bertajuk “Anakku, Internet dan Gadget”di aula sekolah setempat, Jl. Sultan Agung 83, Sabtu (8/12).

Seminar menghadirkan narasumber Evi Ghozaly, M.Pd. seorang motivator nasional dan STEI AL-Madani Bandarlampung, dihadiri sekitar 100 peserta dari wali orang tua murid dan umum.

Evi mengutarakan bahwa untuk membantu anak yang sudah kecanduan gadget harus dengan mengalihkan kebiasaannya secara perlahan.

“Bunda harus berkomitmen dengan diri sendiri untuk tidak ikut menggunakan gadget di depan anak. Gadget itu mengasyikkan loh bunda, jadi kita harus berfikir bagaimana membuat permainan yang lebih menyenangkan untuk si anak, contohnya bermain dengan pasir, berenang, atau hanya bermain susun balok,” jelas Evi.

Ia juga menambahkan, jangan pernah meninggalkan empat momen bersama anak agar ikatan antara orang tua dan anak selalu terjaga. Empat momen itu adalah, mengobrol dengan anak sebelum tidur, membangunkan anak dengan suara halus, luangkan waktu untuk bermain dengan anak, dan dampingin anak ketika belajar. “Jangan pernah marah pada anak saat mengakui kesalahannya karena ketika orang tua marah, anak akan berhenti bercerita,” ujarnya.

Bendahara Yayasan Alfian Husin Hadir, Ary Meizari Alfian, SE., MBA mengakui, perkembangan teknologi di era digital telah berdampak pada cara orang tua mendidik anak-anaknya, sehingga orang tua harus bijak dalam mempersiapkan generasi emas penerus bangsa.

“Sesuai dengan tema kita ‘anakku internet dan gadget’ semoga dapat menjadi bekal bagi orang tua untuk mendidik anak-anaknya, karena mereka adalah generasi emas penerus bangsa,” tandasnya. (apr/kyd)

Komentar

Rekomendasi