oleh

Bawaslu Persilahkan Caleg Ambil APK

RADARLAMPUNG.CO.ID – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Tulangbawang Barat (Tubaba) mempersilakan sejumlah calon anggota legislatif (Caleg) asal kabupaten setempat mengambil baliho dan banner yang ditertibkan tim Bawaslu Kabupaten setempat Kamis (6/12) lalu. Kepastian ini diungkapkan Ketua Bawaslu Tubaba Midiyan, S.Sos, kepada radarlampung.co.id, Sabtu (8/12).

Sebab, kata Midiyan, baliho dan banner hasil penertiban memang telah dikumpulkan di kantor Bawaslu Tubaba. Hal ini agar siapapun yang ingin mengambil banner-nya dapat langsung menghubungi staf di kantor Bawaslu Tubaba.

Bukan hanya banner dan baliho yang berhasil ditertibkan dari Kecamatan Tulangbawang Tengah (Tuba Tengah), Kecamatan Tumijajar, Kecamatan Tulangbawang Udik (Tuba Udik), namun juga kecamatan-kecamatan lainnya. “Semua banner dan baliho hasil penertiban kita kumpulkan di kantor Bawaslu,” katanya.

Midiyan mengatakan, penertiban akan terus dilakukan bagi setiap alat peraga kampanye (APK) yang melanggar. Intinya, APK tersebut tidak boleh dipasang di jalan-jalan protokol, taman, dan pohon. “Bagi siapa saja yang melanggar, pasti akan ditertibkan,” katanya.

Sebagai pengawas, pihaknya telah berkali-kali mengimbau, namun tetap saja banyak yang melanggar. Pelanggaran tersebut bisa disebabkan dua faktor. Pertama memang ingin melanggar dan kedua akibat ketidaktahuan atau perbedaan persepsi antara caleg dengan pemasang. “Bisa saja caleg telah melarang, tapi yang kerja memasangnya di tempat itu karena tidak tahu,” tutur Sukirman, komisioner Bawaslu lainnya.

Saat ini, lanjutnya, Bawaslu menunggu siapa pun caleg yang akan mengambil APK. “Tidak ada yang kami rusak, silakan ambil di kantor. Tapi jangan lagi membuat pelanggaran,” tutup Midiyan tadi malam. (fei/sur)

Komentar

Rekomendasi