oleh

KPU Metro Disibukkan Pendataan 357 Warga di Luar Negeri

Jumlah DPT HP-2 Kota Metro diketok

RADARLAMPUNG.CO.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Metro menetapkan penyempurnaan Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan-2 (DPT HP-2)  kota setempat mencapai 114.311 orang. Jumlah tersebut menurun dibandingkan dengan DPT HP-2 sebelumnya yang berjumlah 114.593.

Komisioner KPU Kota Metro divisi program dan data Nur Muhammad mengatakan, rekapitulasi penyempurnaan DPT Hp-2 dilakukan terkait adanya surat edaran dari KPU RI untuk menindaklanjuti penyempurnaan data pemilih. Hal tersebut disebabkan adanya beberapa daerah di Indonesia yang belum sinkron antara data manual dan data sidalih. Sehingga, penetapan DPT HP-2 secara nasional belum ditetapkan.

“KPU RI membuat SE untuk ditindaklanjuti KPU daerah masing-masing. Setelah dilakukan penyempurnaan data pemilih, hasilnya ada pengurangan, ada juga yang pemilih baru. Proses penyempurnaannya sudah berjalan dengan baik, dan sesuai dengan SK perpanjangan,” ujar Nur Muhammad usai rapat pleno terbuka rekapitulasi dan penetapan penyempurnaan DPT HP-2, Jumat (7/12).

Banyak faktor yang menyebabkan perubahan pada data tersebut. Seperti perubahan data secara dinamis, yakni adanya pemilih baru yang masih tercecer belum masuk pada DPT HP-2, ataupun perpindahan penduduk.

“Termasuk, pemilih yang berada di luar negeri. Karena nama mereka terdaftar di masing-masing kelurahan, serta di KBRI. Jika, mereka masih berada di luar negeri, data pemilih yang ada di sini kita hapus, dan sebaliknya. Dan kita dapatkan data dari KBRI sebanyak 357 orang. Dan dari jumlah itu memang ada yang masih di luar negeri, ada yang sudah pulang, juga ada yang belum berangkat ,” jelas Nur. (rur/sur) 

Komentar

Rekomendasi