oleh

Besok, KPU Kembali Plenokan DPTHP

RADARLAMPUNG.CO.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lampung akan kembali memplenokan daftar pemilih tetap hasil perbaikan (DPTHP) untuk Pemilu 2019 Senin (10/12). Dari sejumlah data yang diterima Radarlampung.co.id dari KPU kabupaten/kota, ada penurunan jumlah pemilih. Namun jumlah tempat pemungutan suara (TPS) justru bertambah.

Dalam data DPTHP tahap pertama yang diplenokan KPU Lampung September lalu, jumlah pemilih di Lampung mencapai 5.879.850. Namun, pada pleno DPTHP tahap 2 November lalu berubah menjadi 6.101.544.

Perubahan jumlah pemilih dari DPTHP tahap 1 dan 2 ini akhirnya membuat KPU Lampung menambah sebanyak 28 TPS. Sementara berdasarkan total hasil pleno KPU kabupaten/kota yang diterima Radarlampung.co.id, pemilih yang masuk dalam DPT menjadi 6.074.150 pemilih.

Hanya saja data tersebut belum diplenokan KPU Lampung. Saat dikonfirmasi, Komisioner KPU Lampung Handi Mulyaningsih mengatakan memang KPU kabupaten/kota telah melakukan pleno sejak 7 Desember lalu. Pleno tersebut merupakan pleno penyempurnaan DPTHP tahap 2.

“Iya mulai tanggal 7 (Desember) sudah ada yang pleno, itu pleno penyempurnaan DPTHP 2. (Hasilnya) ada sedikit perbedaan. Hasil ini akan diplenokan KPU Provinsi tanggal 10 (Senin),” ujar Handi melalui pesan Whatsapp Minggu (9/12).

Handi mengklaim, KPU Lampung sudah tidak memiliki permasalahan data pemilih pada saat pleno tingkat Nasional 15 November lalu. Namun, karena beberapa hal maka KPU RI memperpanjang pleno tersebut satu bulan kemudian.

“Dalam perpanjangan tersebut, KPU kabupaten/kota menyelesaikan data diregister, lapas, dan kegandaan apabila masih ada kegandaan,” jelasnya. (rma/sur)

Komentar

Rekomendasi