oleh

Dukungan Program Wajib Nasional di Lampung Jadi Sorotan Kemendagri

RADARLAMPUNG.CO.ID – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menekankan perlunya konsistensi pelaksanaan program yang ada dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Lampung tahun anggaran 2019.

Kepala Badan Keuangan Daerah (Bakuda) Lampung Minhairin melalui Kabid Anggaran Marindo Kurniawan mengatakan, konsistensi fokusnya adalah program wajib nasional yang bersinergi dengan daerah.

“Itu hasil klarifikasi evaluasi APBD Lampung TA 2019 di Kemendagri jumat (7/12). Tapi secara umum Kemendagri mengapresiasi konsistensi dalam hal e-planing/e-budgeting,” ujarnya kepada radarlampung.co.id, Minggu (9/12).

Dipaparkan dia, ada lima prioritas pembangunan nasional yang harus dilaksanakan. Yakni pembangunan manusia melalui pengurangan kemiskinan dan peningkatan pelayanan dasar. Kedua, pengurangan kesenjangan antar wilayah melalui konektivitas dan kemaritiman.

Ketiga peningkatan nilai tambah melalui pertanian, industri, dan jasa produktif. Kemudian, pemantapan ketahanan energi, pangan, dan sumber daya air melalui pelestarian lingkungan. Terakhir adalah stabilitas keamanan nasional dan kesuksesan pemilu.

“Beberapa kegiatan ini yang memang menjadi perhatian Kemendagri dalam klarifikasi evaluasi APBD Lampung 2019. Kegiatan yang bukan kewenangan pemprov. Tapi semua bisa kami jelaskan. Sebab sudah masuk dalam RKPD, baik di Provinsi maupun kabupaten/kota,” kata dia. (abd/sur)

Komentar

Rekomendasi