oleh

Ribuan Peserta Meriahkan Parade Seni dan Budaya

RADARLAMPUNG.CO.ID – Parade Seni dan Budaya Lampung Sai dan Pemprov Lampung dibuka Langsung Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo, di Tugu Adipura, Minggu (9/12). Sekitar 5.000 peserta siswa/i, SMA/SMK, yang berasal dari 15 kabupaten/kota se-Lampung ikut ambil bagian menampilkan budaya Lampung dan Nusantara.

Parade Seni dan Budaya tersebut diawali dengan Gubernur dan Ketua DPP Lampung Sai Sjachroedin Z.P. yang berangkat menaiki kereta kencana bernama Sutan Ratu Kacamarga, yang ditarik Jeep Willis, diikuti kereta kencana dan peserta lainnya.

Gubernur saat membuka acara tersebut mengingatkan kepada masyarakat Lampung, setiap masyarakat tidak boleh melupakan atau meninggalkan akar budaya dan seni budaya yang dimiliki Lampung. “Yang paling baik ditanamkan kepada generasi muda, seperti anak SMA/SMK. Seperti sekarang dengan mengikuti parade budaya, yang dapat melestarikan budaya yang ada di Lampung,” ungkapnya.

Ketua Harian DPP Lampung Sai Rycko Menoza SZP mengatakan, parade seni budaya Lampung Sai ini dalam rangka memperingati hari guru nasional. Tujuan penting acara ini menurut Rycko, pertama memberikan kesempatan pada guru dan siswa yang baru saja menyelesaikan ujian tengah semeater yang dalam waktu dekat akan libur panjang untuk berkreasi. “Tentu juga memberikan hiburan, dalam rangka melestarikan seni budaya dari leluhur,” ungkapnya.

Kedua, menjadi wadah pelestarian seni budaya daerah, lantaran menghadirkan adat budaya Lampung, baik sai batin maupun pepedun. Terdapat pula budaya-budaya nusantara lainnya. (pip/sur)

Komentar

Rekomendasi