oleh

25 KK Di TNBBS Dimodali Usaha Madu Lebah, Asalkan….

RADARLAMPUNG.CO.ID- Perambahan Kawasan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS) jadi perhatian khusus Balai Besar TNBBS. Sebagai upaya untuk mensterilkan kawasan tersebut dari perambah, sebuah program diluncurkan.

Ya, pihak Balai Besar TNBBS memberi peluang mata pencaharian baru bagi warga yang menghuni kawasan TNBBS. Sebanyak 25 Kepala Keluarga (KK) di Pekon Tebaliokh Kecamatan Batubrak yang sebelumnya bermukim di TNBBS diberi kegiatan usaha baru dengan berbudidaya lebah madu. Syaratnya, mereka harus meninggalkan kawasan TNBBS.

“Sebelumnya ada 25 KK yang menghuni wilayah TNBBS, dan kita tahu itu tidak di perbolehkan , sehingga melalui mereka diberi kesempatan untuk membuka usaha dan tinggal di pemukiman yang layak, kemudian diberikan usaha baru yaitu budidaya lebah madu,”ungkap Peratin tebaliokh, Akrom.

Untuk mendukung, kegiatan usaha itu, lanjtu dia, para kepala keluarga mendapat bantuan sarana prasarana untuk mendukung kegiatan usaha seperti pakaian anti sengatan lebah, serta sarana pendukung lainnya.

“Jadi melalui Budidaya lebah madu ini diharapkan bisa menambah pendapatan masyarakat, paling tidak ada mata pencaharian sementara yang menjadi tempat menggantungkan hidup bagi mereka,”imbuhnya.

Selain itu, sebelumnya seluruh warga di TNBBS juga telah mengikuti kegiatan pelatihan budidaya lebah madu, karena selain mmeiliki nilai ekonomi bagi masyarakat kegiatan itu juga mampu menciptakan kelestarian konservasi melalui aktifitas pengamanan hutan dan hasil hutan, dengan menempatkan masyarakat sebagai sasaran pengelolaan yang dapat mewujudkan kemandirian ekonomi. (edi/rnn/wdi)

Komentar

Rekomendasi