oleh

Dikembalikan, Bawaslu Jamin APK Caleg Tidak Rusak

RADARLAMPUNG.CO.ID-Alat Peraga Kampanye (APK) calon legislatif (caleg) dan partai politik (parpol) yang sempat ditertibkan, dikembalikan oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Tulangbawang Barat (Tuba Barat). Bagi, caleg dan pihak parpol yang ingin mengambil, Bawaslu mempersilakan datang ke kantor Bawaslu Tuba Barat di Tiyuh Candra Mukti, Tuba Tengah.

Ketua Bawaslu Tuba Barat Midiyan, S.Sos menjelaskan, tugas Bawaslu hanya melakukan pengawasan. Dirinya menyatakan, saat penertiban seluruh APK yang dilepas tidak mengalami kerusakan. “Sebab tim memang telah diinstruksikan agar APK caleg dan Parpol tidak rusak,” katanya dikantor Bawaslu Tuba Barat Senin (10/12).

Dijelaskannya, sudah ada sejumlah caleg yang mengambil APK milik mereka yang ditertibkan Bawaslu. Diantaranya caleg dari Partai Demokrat, Gerindra, Hanura dan NasDem. “Ada juga beberapa caleg lain, namun saya lupa karena hanya sedikit-sedikit,”paparnya.

Pihaknya, lanjut Midiyan, menyediakan staf yang khusus bertugas mengurus APK. Baik yang ditertibkan oleh tim Bawaslu langsung maupun Panwascam dari berbagai kecamatan. “Kita terima yang dari kecamatan, lalu kita data dan buatkan tanda terimanya. Bagi yang mengambil ya kami serahkan, silakan diambil agar dapat dipergunakan sebagai mana aturan yang berlaku,”tuturnya.

Penertiban dilakukan lantaran pihaknya berpedoman pada PKPU No 23, tahun 2018, dan peraturan Bawaslu No 28 Tahun 2018. “Ini adalah rujukan peraturan yang dikeluarkan oleh lembaga resmi. Silakan dibaca lagi karena di situ telah diatur secara detail,”tutupnya. (fei/wdi)

Komentar

Rekomendasi