oleh

Musim Hujan Datang , KLB DBD Mengintai

TUBABA- Dinas Kesehatan Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) mengintensifkan upaya mengendalikan kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di kabupaten setempat. Selain karena Tubaba merupakan salah satu wilayah endemis DBD, kasus DBD yang mulai muncul dipenghujung tahun 2018 ini patut menjadi perhatian khusus.

“Kita tidak mau KLB (Kejadian Luar Biasa) DBD yang terjadi di Tubaba  pada tahun 2016 lalu terulang lagi. Untuk itu, kegiatan penyuluhan melalui puskemas yang memang sudah kita mulai sejak awal tahun akan lebih  kita tingkatkan lagi,”ungkap Sekretaris Diskes Tubaba Majril, S.Kep.,Ns, MM melalui Kasi Pemberantasan Penyakit Menular Herlinda,  Senin (10/12) sore tadi.

Menurutnya, serangan DBD hingga menjadi KLB  merupakan siklus tahunan yang biasanya terjadi setiap 5 (lima) tahun sekali. Namun belakangan ini siklus tersebut menjadi tidak menentu. Seiring perubahan musim yang juga tidak bisa dipastikan.

”Kadang harusnya musim hujan masih kemarau, begitu juga sebaliknya. Jadi sudah sulit dipastikan, makanya sekarang ini kita lebih waspada siklus 3 (tiga) tahunan, sehingga yang dikhawatirkan di tahun 2019. Namun, mudah-mudahan tidak karena kita sudah banyak melakukan upaya antisipasi,”cetusnya.

Dia menjelaskan, selain penyuluhan rutin pihaknya juga melakukan Pembarantasan Sarang Nyamuk (PSN). “Bubuk Abate sudah kita bagikan sebelum musim hujan melalui peluskesmas. Untuk itu kami berharap masyarakat juga berperan aktif bersama-sama mengantisipasi serangan DBD,”terangnya. (fei/ded/rnn/wdi)

 

Komentar

Rekomendasi