oleh

Dikabarkan Sering Molor Bayar Klaim, Kepala BPJS Menyanggah

RADARLAMPUNG.CO.ID – BPJS Pesawaran dituding kerap terlambat membayarkan klaim pihak klinik maupun fasilitas kesehatan lainnya. Menurut sumber radarlampung.co.id yang namanya enggan disebutkan mengatakan, klaim yang dibayarkan oleh BPJS diberikan dalam 3 bulan sekali.

“Klaim rawat inap biasanya dibayarkan tiap bulan, tapi sekarang per tiga bulan sekali,” ungkap sumber radarlampung.co.id tersebut.

Dikatakan, jika sebelumnya klaim rawat inap diajukan Juni maka akan dibayarkan sekitar awal Juli. Namun saat ini klaim Juni dibayarkan BPJS sekitar Agustus. “Contohnya sepert itu, klaim Juli bisa dibayar Oktober,” ucapnya.

Menangapi hal itu, Kepala BPJS Pesawaran Erwin membantah bahwa klaim dibayarkan per tri wulan sekali. Menurutnya klaim dibayarkan paling lambat 15 hari setelah klaim masuk.

“Tidak benar itu, tergantung klaimnya dulu. Kalau klaimnya terlambat, ya pembayarannya juga terlambat. Karena kan begitu klaim diajukan, kita langsung verifikasi dan setelah verifikasi kita ajukan ke kantor cabang di Bandarlampung untuk segera dibayarkan,” ucapnya.

Menurutnya, meskipun BPJS yang dibiayai dari PBI APBD kabupaten atau Jamkesda sepenuhnya belum dibayarkan, namun pihaknya tidak pernah telat dalam membayarkan klaim, terlebih pembayaran dana kapitasi.

“Kalau kita bayar rutin, walaupun pemda ngutang kita tetap bayar. Dan diambilkan dari subsidi yang non PBI dan itu tersentral di BPJS seluruh indonesia,” pungkasnya. (ozi/sur)

Komentar

Rekomendasi