oleh

Jingle IVA Sambut Rombongan Ibu Negara di Lampung

radarlampung.co.id – Ibu Negara Hj. Iriana Joko Widodo kembali ke Lampung. Kali ini dalam rangka sosialisasi parenting dan kesehatan (stunting dan TBC) bersama organisasi perempuan se-Lampung di Mahligai Agung Hall Pascasarjana Universitas Bandar Lampung (UBL), Rabu (12/12).

Jingle IVA (inspeksi visual dengan asam asetat) menyambut kedatangan rombongan Ibu Negara dengan didampingi istri Wapres RI Hj. Mufida Jusuf Kalla, Hj. Yustin Ridho Ficardo beserta para istri Menteri Kabinet Jokowi-JK.

Ketua Organisasi Aksi Solidaritas Kabinet Kerja (Oase) Hj. Erni Guntati Cahyo Kumolo berharap dengan kegiatan ini, peserta dapat mendidik anak dan menularkan hidup sehat dalam parenting, terlebih soal informasi stunting dan TBC.

Jingle IVA (inspeksi visual dengan asam asetat) dipandu anggota Puskesmas Tanjungsari Natar dan diikuti 1000 peserta dari organisasi perempuan se-Lampung, PAUD, Puskesmas, Forkopimda, TP PKK, Ibu-ibu Bayangkara, Jalasenatri, dan sebagainya.

Jingle tersebut merupakan ajakan bagi perempuan yang reproduksinya sudah aktif untuk melakukan tes IVA atau pemeriksaan skrining untuk deteksi dini kanker serviks.

“Prosedur pemeriksaan yaitu dengan memasukkan spekulum ke dalam vagina, agar mulut rahim (serviks) dapat di periksa secara langsung. Mulut rahim kemudian diolesi zat asam cuka, apabila zat asam me ngenai sel-sel yang abnormal, warna jaringan akan berubah menjadi putih dan di katakan sebagai hasil tes positif,” terangnya.

Menurutnya, pemeriksaan IVA yang positif biasanya menandakan adanya suatu lesi pre kanker, tetapi tentu saja pemeriksaan IVA harus dipastikan dengan pemeriksaan lainnya oleh dokter spesialis kandungan (Sp.OG), dengan dilakukan pemeriksaan lanjutan seperti pap smear atau biopsi. “Hasil tes positif ini perlu di tindaklanjuti dengan pemeriksaan lebih lanjut oleh dokter spesialis kandungan,” tandasnya. (apr/kyd)

Komentar

Rekomendasi