oleh

Unila Launching Sikerja Guna Integrasikan Sistem Informasi

RADARLAMPUNG.CO.ID – Guna mendukung lancarnya proses administrasi di lingkungan kampus, kini Universitas Lampung (Unila) telah menyediakan Sistem Informasi Kinerja (Sikerja). Sosialisasi sistem informasi ini dilaksanakan di ruang sidang Rektorat, Rabu (12/12).

Kegiatan yang dihadiri seluruh perwakilan unit kerja universitas dan fakultas ini dibuka oleh Rektor Unila Prof. Hasriadi Mat Akin. Dalam sambutannya ia menjelaskan, sosialisasi dilakukan guna menjelaskan pentingnya menyatukan pemikiran dalam meningkatkan pelayanan di Unila.

Hasriadi mengungkapkan, guna memastikan semua sistem manajemen di Unila berjalan baik, selain menerapkan ISO pada mutu layanan, Sikerja ini memungkinkan integrasi monitoring pada semua sistem informasi yang telah diterapkan sebelumnya.

“Itu merupakan suatu hal yang baik untuk mendukung akselerasi Unila dalam menggapai visi Unila,” terang Hasriadi.

Ditambahkan, untuk meningkatkan kinerja tendik maupun pendidik, Unila juga telah membuat sistem reward dan punishment. Ini dibuat dalam rangka agar semua di Unila semakin berkinerja tinggi.

“Kini tiap orang berpacu dengan dirinya sendiri untuk bekinerja lebih baik, kemajuannya sampai lebih dari 200 persen dari kinerja. Kompetensi maksimal apabila ada tenaga yang maksimal. Ini salah satu langkah memotivasi tenaga pendidik maupun tenaga kependidikan,” jelasnya lagi.

Dimoderatori Kepala Biro Perencanaan dan Hubungan Masyarakat (BPHM) Unila Harsono Sucipto, sosialisasi Sikerja diterangkan secara teknis oleh Kasubag Rencana Program dan Anggaran Susanto.

Kinerja unit dapat dilihat tidak hanya akhir tahun saja, tetapi per minggu. Unila, kata dia, kini memiliki berbagai sistem informasi yang memudahkan unit kerja manajemen laporan kinerja. Sistem informasi kinerja yang tengah dirangcang ini diyakini akan memudahkan pimpinan untuk memantau kemajuan kinerja.

“Pada saat rapat mengenai evaluasi anggaran, saat itu juga pak rektor dapat mengaksesnya melalui sistem ini,” jelasnya.

Sistem informasi kinerja saat ini diukur dari perjanjian kinerja rektor dengan menteri dan perjanjian rektor dengan kinerja unit kerja. Penilaian kinerja unit kerja didasarkan pada renstra kerja Unila. Sedangkan integrasi kontrak kerja rektor dan renstra dilaksanakan berdasarkan RKAKL yang disusun berdasarkan renstra dan perjanjian kinerja sebelumnya. (apr/sur)

Komentar

Rekomendasi