oleh

Yuk Buktikan, Sabtu-Minggu Disdukcapil Bakal Tetap Buka Pelayanan

RADARLAMPUNG.CO.ID – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Bandarlampung akan rutin membuka layanan perekaman KTP Elektronik (E-KTP) dan pelayanan lainnya pada Sabtu dan Minggu. Wacana itu diterapkan terhitung 15 Desember mendatang.

Tujuannya, untuk mempercepat pelayanan perekeman kepada masyarakat. Sebab, Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Dirjen Dukcapil menegaskan bagi masyarakat yang telah berumur 23 tahun per 31 Desember 2018 belum melakukan perkeman E-KTP, akses NIK-nya bakal diblokir.

Kedisdukcapil Bandarlampung A. Zainuddin mengatakan, tanda keseriusan Disdukcapil Bandarlampung merespon perintah tersebut adalah melalui perpanjangan waktu dan hari pelayanan.

“Jadi waktu pelayanan telah kita perpanjang, yang mana setiap harinya dari jam 07.30-15.30 WIB sekarang dari 07.30-17.30 WIB. Dan pada Sabtu serta Minggu yang biasanya libur mulai 15 Desember kita akan buka, dengan jam pelayanan 08.00-15.30 WIB,” ungkapnya kepada Radarlampung.co.id.

Sampai saat ini, menurutnya masyarakat Bandarlampung yang telah melakukan perekaman E-KTP mencapai 90%. “Sampai 31 Desember 2018 ini akan kita layani secara maksimal 10% yang belum, dan akan terus dilayani meski telah lewat 31 Desember,” ungkapnya.

Dalam peningkatan pelayanannya, seperti yang diperintahkan Wali Kota Bandarlampung Herman H.N., Zainuddin mengatakan pihaknya sejak Senin (10/12) telah pindah ke gedung satu atap, yang mana sebelumnya hanya pelayanan yang pindah.

“Semula yang pindah seluruh perangkat yang berkaitan dengan pelayanan namun hal ini harus ada proses, terkhir penandatangan oleh kepal dinas yaitu KTP, KK, dan lainnya, sejak Senin kemarin kepala dinas juga ikut pindah,” ungkapnya.

Biasanya pada hari biasa, Disdukcapil biasa melayani perakaman E-KTP 250 perekaman per hari. Namun semenjak ada pemberitahuan 31 Desember belum rekaman akses NIK akan diblokir kita jumlah warga yang melakukan perekaman per hari kian bertambah. “Ya kalau biasa sehari melayani perekaman 250 kali, sekarang berkisar 350 rekaman sehari,” ucapnya. (pip/sur) 

Komentar

Rekomendasi