oleh

4.313 E-KTP di Kantor Disdukcapil Bandarlampung Terbakar

RADARLAMPUNG.CO.ID – Ada pemandangan mencolok di depan kantor Disdukcapil Bandarlampung, Jumat (14/12) siang. Tumpukan KTP elektronik (E-KTP) terlihat berada di halaman samping kantor.

Kumpulan E-KTP yang sudah dikemas itu selanjutnya dibuka dan dimasukkan ke dalam kotak pot yang sudah menyala api. Seketika, ribuan E-KTP dibakar saat itu juga.

‎Pemusnahan E-KTP itu bukan tanpa alasan. Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Bandarlampung A. Zainudin menerangkan pemusnahan ini permintaan pemerintah pusat. Pihaknya mendapat surat edaran dari Dirjen Dukcapil Kemendagri untuk memusnahkan dengan cara dibakar.

Zainudin menjelaskan, dalam surat edaran nomor 470.13/11176/SJ yang ditandatangani Sekretaris Jenderal tentang penatausahaan E-KTP rusak atau invalid, menjadi dasar pihaknya memusnahkan E-KTP dengan cara dibakar.

Total, ada 4.313 E-KTP rusak dan juga invalid dimusnahkan. Angka itu merupakan penjumlahan kurun 2016 hingga 2018 saat ini. “Perintahnya dimusnahkan dengan cara dibakar,” ujarnya melalui sambungan telepon kepada radarlampung.co.id.

Komentar

Rekomendasi