oleh

Industri Harus Berani Bereksperimen

RADARLAMPUNG.CO.ID – Dunia kini telah menjajaki era revoluasi industri 4.0. Hal ini membuat banyak munculnya fenomena industri bertransformasi sangat cepat. Lantas mau tidak mau membuat industri harus berpikir cepat untuk mempersiapkan diri.

Hal tersebut diungkapkan Alex Denni, Direktur dan SDM PT Jasa Marga (Persero) saat menjadi pembicara dalam seminar yang digelar Asosiasi Manajemen (AMA) chapter Lampung, di Bukit Randu Hotel, Jumat (14/12).

“Industri harus tau apa saja harus dipersiapkan untuk menghadapi era ini. Sebab ketika kita telah memasuki era yang berbeda, tentu saja skill dan pengetahuan yang dimiliki saat ini sudah tidak relevan lagi,” kata mantan Senior Executive Vice President Bank BNI, tersebut.

Belum lagi, sambung dia, pada masa Masyarakat Ekonomi Asean dengan pasar terbuka antara negara-negara di Asean. Membuat persaingan semakin terbuka lebar, dan ekonomi asing yang masuk ke Indonesia sudah pasti sulit dibendung.

Sementara, kompetitif talent Indonesia saat ini berada diperingkat ke-90, jauh di bawan Malaysia, Thailand, Singapura, dan negara-negara lainnya. “Ini membat kita akan sulit untuk berkompetisi, sehingga saya berharap industri lebih siap untuk menghadapi itu,” katanya.

Salah satu yang harus dipersiapkan industri, kata dia, yakni inovasi. Industri juga harus berani bereksperimen, lebih memerhatikan dan memberikan ruang bagi karyawan untuk berinovasi dan bereksperimen. Hal ini penting. Sebab, dirinya menilai segala keterampilan manusia yang dikuasai saat ini bisa digantikan dengan teknologi.

“Contohnya di perbankan, ada banyak karyawanya yang terancam karena teknologi, petugas pintu tol, parkir dan lain-lain. Kalau dulu inovasi itu barang yang mewah, tapi sekarang inovasi itu sudah jadi kebutuhan sehari-hari,” tandasnya. (ega/sur) 

Komentar

Rekomendasi