oleh

Musim Hujan, Begini Cara KPU Mesuji Amankan Logistik Pemilu

RADARLAMPUNG.CO.ID – Musim penghujan menjadi ancaman bagi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mesuji. Khususnya terkait logistik Pemilu 2019. Mengingat air hujan bisa merusak kebutuhan pemilu tersebut.

”Memang benar, hujan bisa mengancam logistik, terutama kertas suara,’’ kata Komisioner KPU Mesuji Edward pada Radar Lampung Jumat (14/12) siang di kantornya.

Musim hujan memang dikhawatirkan akan mengganggu pendistribusian logistik Pilkada serentak mendatang. Khususnya, untuk wilayah yang masuk zona rawan banjir. Menurutnya daerah mesuji yang rawan banjir sudah dipetakan seperti di daerah daerah perairan. Seperti Kecamatan Mesuji Mesuji Timur dan Rawajitu Utara.

Sehingga, kata dia, petugas diminta harus bisa mengantisipasi gangguan yang disebabkan hujan. ”Saat musim hujan jadi daerah rawan banjir harus dipetakan,’’ paparnya.

Menurutnya, beberapa upaya sudah dilakukan KPU Mesuji guna mengantisipasi gangguan hujan tersebut di antaranya dengan melapisi kotak surat suara dan logistik dengan plastik. ”Terutama yang di dalam kotak suara, semua logistik dilapisi plastik,’’ paparnya.

Upaya lain, lanjutnya, KPU menginstruksikan petugas kelompok panitia pemungutan suara (KPPS) untuk memiliki lokasi tempat pemungutan suara (TPS) strategis. Seperti lokasi yang tidak mudah tergenang saat diguyur hujan. Harapannya, hujan yang sewaktu-waktu terjadi tidak terlalu mengganggu proses pemungutan suara.

”Kami sudah minta petugas di PPK dan KPPS mencari lokasi TPS yang tidak rawan banjir,’’ pungkasnya. (muk/sur)

Komentar

Rekomendasi