oleh

Ribuan E-KTP Dibakar

radarlampung.co.id – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Tanggamus memusnahkan 3.184 keping KTP elektronik (e-KTP), Jumat (14/12). Pemusnahan dengan cara dibakar tersebut disaksikan Plt. Asisten Bidang Pemerintahan Jonsen Vanisa di halaman kantor Disdukcapil.

Kepala Disdukcapil Tanggamus Syarif Husin mengatakan, e-KTP tersebut invalid dan hasil pergantian warga yang merubah status perkawinan hingga pidah alamat.

“E-KTP tersebut sebagian besar sudah rusak. Pemusnahan ini intruksi dari Dirjend Dukcapil Kemendagri, agar seluruh disdukcapil kabupaten/kota melaksanakan pemusnahan dengan cara dibakar,” kata Syarif Husin.

Menurut dia, e-KTP tersebut terkumpul dari 2011 hingga 2014. “Sementara, intruksinya itu dulu. Ke depan, 2014-2018 akan dimusnahkan secara bertahap. Berdasar surat edaran Dijend, pemusnahan dilakukan minimal satu bulan sekali,” sebut dia.

Ia juga tidak membantah, pemusnahan dilakukan setelah ditemukannya sebuah karung berisi e-KTP invalid di Durensawit, Jakarta Timur beberapa waktu lalu. ”Ya, mungkin salah satu tujuannya itu. Agar tidak ada lagi e-KTP yang tercecer. Ini juga untuk mencegah penyalahgunaan oleh pihak tertentu,” tegasnya. (ral/ehl/ais)

 

Komentar

Rekomendasi