oleh

Siswa SMA Darma Bangsa Ikut Homestay di Borobudur

radarlampung.co.id – SMA Darma Bangsa menggelar kegiatan homestay ke kampung homestay Borobudur, tepatnya di Dusun Jowahan, Desa Wanurejo, Magelang. Kegiatan ini diperuntukkan siswa kelas XI dan dimulai tanggal 10-17 Desember 2018.

Dalam kegiatan tersebut, para siswa bersama guru pembimbing tinggal dikediaman penduduk. Mereka mempelajari pola hidup, budaya, kesenian, sejarah hingga bagaimana warga menjadikan kampung sebagai salah satu objek wisata budaya yang membantu perekonomian masyarakat.

Kepala SMA Darma Bangsa Iwan Sutanto mengatakan, kegiatan homestay ini rutin dilakukan setiap tahun. Selain belajar memaknai tata cara hidup bermasyarakat di pedesaan, melalui kegiatan tersebut, diharapkan siswa dapat lebih menghargai perjuangan orang tua yang telah menyediakan fasilitas untuk mereka.

”Kesederhanaan, kejujuran dan juga kebersamaan masyarakat pedesaan diharapkan dapat menginspirasi para peserta setelah selesai kegiatan  homestay,” tegasnya.

Pada kegiatan tersebut, siswa belajar membuat makanan tradisional, membatik, membuat ukiran bambu, mempelajari sejarah dan budaya masyarakat Borobudur, hingga outbound.

Salah seorang siswa, Surya Julian mengatakan, kegiatan homestay menjadi salah satu pengalaman yang tidak terlupakan. Tinggal di pedesaan, tepat di belakang Candi Borobudur bukan saja menawarkan pesona.

”Kami belajar banyak dari masyarakat di sini tentang arti hidup. Pastinya kami semakin menyadari budaya Indonesia sangat kaya,” ucapnya. (rls/ais)

Komentar

Rekomendasi