oleh

Tunjangan Polisi Naik, DPR : Polri Harus Berkaca

radarlampung.co.id Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian mengatakan tunjangan kinerja anggota Polri mencapai 70 persen dari penghasilan yang dibawa pulang sudah disetuji Presiden Joko Widodo. Menurutnya, pada bulan ini sudah diperintahkan untuk dibayar.

Menanggapi hal itu, Wakil Ketua Komisi III DPR RI, Desmond J Mahesa, mempertanyakan keinginan Polri untuk meminta kenaikan tunjangan. Pasalnya untuk melakukan kebijakan tersebut banyak aspek yang harus dipertimbangkan. Tunjangan itu berkaitan dengan pendapatan negara. Pendapatan negara sudah maksimal belum. Saat ini pendapatan negara masih rendah, kita masih pinjam,” kata Desmond seperti dilansir FIN, Jumat (14/12).

Dengan kondisi pendapatan seperti saat ini, menurutnya akan sulit untuk memenuhi keinginan Polri. Apalagi kondisi perekonomian masyarakat terus menurun.”Kalau tunjangan itu kita penuhi, bagaimana dengan nasib masyarakat yang lain?” kata Desmond.

Selain itu, dirinya juga menilai saat ini kinerja Polri dirasa belum maksimal dan terkadang masih terjadi beberapa pelanggaran atau kesalahan etika.”Bisa dilihat kinerja Polri, semua bisa dilihat. Sebaiknya Polri membenahi kinerja dulu dengan berkaca melakukan evaluasi bukan hanya ke eksternal tetapi juga internal pembenahan SDMnya,” tandas Desmond.

Hal senada juga disampaikan oleh, Anggota Komisi III DPR, John Kennedy Azis yang meminta kenaikan tunjangan anggota Polri yang diinisiasikan oleh Kapolri harus juga disertai dengan perbaikan kinerja. “Kenaikan tunjangan dan gaji tersebut dapat terealisasi harus dibarengi dengan kenaikan kuaalitas kerja yang maksimal untuk melayani masyarakat dan peningkatan tupoksi Polri dalam menegakan keamanan di masyarakat, tambah John. (fin/kyd)

Komentar

Rekomendasi