oleh

Empat PPK dan PPS Lamsel Terbukti Langgar Kode Etik

radarlampung.co.id – Empat dari enam penyelenggara Pemilu di Lampung Selatan (Lamsel) terbukti melanggar kode etik. Pelanggaran ini terkait pengakomodiran tim pemenangan Caleg DPR RI Dapil Lampung 1 Partai Demokrat Imer Darius.

Ketua Bawaslu Lamsel Hendra Fauzi mengungkapkan, dari hasil kajiannya hanya anggota PPS Kotaguring Andi Wahyudi dan Ketua PPS Banding Koharuddin tidak terbukti.

“Hasil kajian Jumat (14/12) untuk ketua PPS Waymuli Nasrultami, Ketua PPS Waymuli Timur Santawi, Ketua PPS Kerinjing Aminuddin dan Ketua PPK Kecamatan Rajabasa Nasrul Musa ini hasil kajian kami terbukti dan akan kami teruskan untuk laporan ke DKPP (dewan kehormatan penyelenggara pemilu) melalui Bawaslu Provinsi Lampung,” ujar Hendra melalui sambungan telepon, Sabtu (15/12).

Dengan dilaporkannya ke DKPP, Bawaslu sendiri akan menunggu keputusan sanksi dari DKPP. “Jadi untuk laporan ke Bawaslu Provinsi hanya sebagai laporan saja,” ujarnya.

Sementara menurut Bawaslu Lamsel, ke empat penyelenggara pemilu yang dilaporkan ke DKPP terbukti terlibat dalam pembentukan tim relawan peserta pemilu di Lamsel.

“Jadi kajian kami menyatakan yang dinyatakan terbukti (4 orang penyelenggara) karena mereka terlibat aktif dalam pembentukan tim relawan caleg tersebut. Kan kegiatan yang dilakukan caleg itu bukan kampanye tapi pembentukan tim kampanye,” tandasnya. (rma/kyd)

Komentar

Rekomendasi