oleh

KPU Lampung Pastikan Kotak Suara Kedap Air

radarlampung.co.id – Bahan dasar kotak suara marak jadi perbincangan lantara berbahan kardus. Namun, bagi KPU bahan dasar kotak suara sekali pakai ini tak asing. Di Lampung saja, kotak suara berbahan karton ini sudah digunakan sejak Pemilu 2014 hingga terakhir Pilgub Lampung 2018.

Komisioner KPU Lampung Erwan Bustami dengan tegas menyebut bahan dasar kotak suara yang akan digunakan pada Pemilu 2019 berbahan karton kedap air. Memang sebelumnya kotak suara ini hanya sekedar melengkapi kekurangan kotak suara di Lampung. Namun pemilu 2019, KPU RI mewajibkan penggunaan kotak suara ini karena dinilai lebih efektif, salah satunya dalam hal pembiayaan.

Karena pernah di gunakan di Lampung, Erwan mengatakan tidak memiliki permasalahan dalam kegiatan Pemilu maupun Pilkada. Padahal, Lampung termasuk Provinsi yang cukup banyak daerah yang mengharuskan pengiriman logistik menggunakan perahu. Sebab harus menyebrang pulau.

“Kalau di Lampung sudah sejak 2014 ada, sampai sekarang tidak ada masalah. Pada Pilgub 2018 kotak suara yang berbahan karton digunakan tetap aman. Bahkan logistik Pilgub 2018 yang berada dikotak suara juga aman-aman saja,” jelas Erwan melalui ponselnya Sabtu (15/12). (rma/kyd)

ERWAN BUSTAMI

Komentar

Rekomendasi