oleh

Amankan Tiga DPO Cula Badak hingga Bengkulu

RADARLAMPUNG.CO.ID – Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Lampung melalui Subdit IV Tipiter meringkus tiga tersangka penjualan cula badak yang masuk dalam daftar pencarian orang (DPO).

Ketiga tersangka yang diringkus tersebut yaitu, Manaf (45), Ruslan (36), dan Iswanto (40) ketiganya merupakan warga Kaur Tengah, Kaur, Provinsi Bengkulu. Yang diringkus di kediamannya masing-masing, Jumat (14/12).

Kasubdit IV Tipiter Direktorat Kriminal Khusus Polda Lampung AKBP Daniel Binsar Manurung menjelaskan, sebelum pihaknya melakukan pengembangan dan berhasil mendapatkan beberapa nama tersangka-tersangka lain dalam kasus cula badak.

“Dan dari situlah kita kemudian bersama dengan TNBBS meluncur kesana ke Kaur Tengah tepatnya. Kemudian, alhamdulillah kami mendapatkan beberapa tersangka DPO dan ada tiga tersangka. Total kita aad lima tersangka yang telah diringkus,” ujar Daniel, kepada Radarlampung.co.id, Minggu (16/12).

Ketiga tersangka yang diringkus memiliki peran berbeda. Ada yang menyimpan, memiliki, dan memperniagakan bagian tubuh satwa yang dilindungi, yaitu cula badak. “Dan terkait cula itu berasal dari mana ini masih pendalaman nanti dari hasil DNA forensik ada yang memperkuat di sana akan terungkap,” bebernya.

Diberitakan sebelumnya, tim reaksi cepat (TRC) Balai Besar Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (BBTNBBS) bersama Polda Lampung mengamankan enam orang yang diduga terlibat penjualan cula badak Sumatera.

Lantas, petugas melakukan penyamaran untuk mendekati tersangka. Kemudian disepakati transaksi di Hotel Sempana Lima, Kecamatan Pesisir Tengah, Pesisir Barat sekitar pukul 16.00 WIB, Senin (26/11). Saat itulah, petugas melakukan penyergapan. (ang/sur)

Komentar

Rekomendasi