oleh

Setiap Tahun, 3,2 Juta Ton Sampah Sesaki Laut

RADARLAMPUNG.CO.ID – Indonesia merupakan penyumbang sampah plastik terbesar kedua sedunia setelah Tiongkok. Berdasarkan data Asosiasi Industri Plastik Indonesia (Inaplas) dan Badan Pusat Statistik (BPS), sampah plastik di Indonesia mencapai 64 juta ton per tahun. Di mana sebanyak 3,2 juta ton merupakan sampah plastik yang dibuang ke laut.

Hal tersebut diungkapkan Dicki Dwi Alfandi selaku Co Founder Gajahlah Kebersihan Lampung saat workshop marine debris (sampah laut) dan zero waste lifestyle (hidup tanpa sampah) di studio kopi cafe, Bandarlampung, Minggu (16/12).

Menurut Inaplas dan BPS, kantong plastik yang terbuang ke lingkungan sebanyak 10 milar lembar per tahun atau sebanyak 85.000 ton kantong plastik. Atas keprihatinan tersebut, dirinya berharap terbentuk forum kolaborasi pemuda Lampung yang bisa menelurkan ide maupun aksi membantu menyelesaikan permasalahan sampah laut.

“Pengurangan sampah bisa dilakukan dengan hal-hal sederhana seperti membatasi penggunaan plastik. Gerakan membawa botol minum, staw (sedotan stainless) agar mengurangi sedotan plastik dan lain sebagainya,” terangnya.

Dicki juga berharap agar pemuda Lampung mulai mau membuka mata terhadap isu sampah laut, apalagi Provinsi Lampung salah satu provinsi yang punya garis pantai terpanjang di Sumatera. ”Dan kita juga bergantung dari hasil laut, baik pangan maupun pariwisata, jadi laut harus kita jaga,” ajaknya.

Kegiatan juga diisi rangkaiannya acara penampilan stand up comey, beat box, lounching produk gajahlah kebersihan, serta promosi acara Lampung Youth Marine Debris Summit (LYMDS). (apr/sur)

Komentar

Rekomendasi