oleh

Pemkab Tuba Launching Program Ekonomi Kreatif

radarlampung.co.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tulangbawang me-launching program Kreatif Mandiri Bergerak Melayani Warga (BMW) di rumah dinas bupati, Senin sore (17/12). Program ini diharapkan jadi stimulus dalam mempercepat pembangunan perekonomian masyarakat di kabupaten berjuluk Sai Bumi Nengah Nyappur tersebut.

Bupati Tulangbawang Winarti meminta program tersebut berjalan dengan baik. Karena itu, fungsi pelaksana dan pengawas harus berjalan.

”Jangan ada permainan di tingkat apapun. Program ini harus sukses. Kita harus berani mengajak masyarakat untuk berwirausaha melalui program ekonomi Kreatif Mandiri. Masyarakat mandiri, itu tujuan kita,” tegas Winarti.

Dilanjutkan, dalam program tersebut, tiap kelompok yang menjadi pelaksana program mendapat bantuan Rp20 juta. ”Agar pengawasan maskimal, diharapkan peran aktif dari Inspektorat,” sebut dia.

Menurut dia, pembangunan tidak hanya pada infrastruktur. Namun juga pemberdayaan masyarakat. Baik sosial, budaya, ekonomi, dan berbagai persoalan. ”Perlu dijawab dengan suatu terobosan baru yang kreatif,” ucapnya.

Lebih lanjut Winarti mengungkapkan, program Kreatif Mandiri adalah program yang mendorong gerakan dari, oleh dan untuk masyarakat. Tujuannya menumbuhkan kreatifitas dalam memanfaatkan potensi dan pranata sosial khas yang ada dalam rangka peningkatan keberdayaan sosial ekonomi masyarakat untuk mencapai kemandirian.

Tujuan dari program ini adalah agar masyarakat dapat berperan aktif dalam setiap proses pembangunan. Kemudian meningkatkan kewirausahaan dan pendapatan masyarakat kampung, serta meningkatkan semangat bergotong royong.

”Mari kita selalu mencari ide baru yang kreatif untuk mempercepat proses pembangunan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat,” tukasnya. (nal/ais)

 

Komentar

Rekomendasi