oleh

Semen Baturaja Kembali Raih Penghargaan Industri Hijau

SMBR Dinilai Konsisten Terapkan Teknologi Ramah Lingkungan

SEMEN Baturaja baru saja kembali mendapatkan Penghargaan Industri Hijau level 5 dari Kementerian Perindustrian RI selama 5 (lima) tahun berturut-turut sejak tahun 2014-2018. Penghargaan tersebut diberikan secara langsung oleh Menteri Perindustrian RI, Airlangga Hartarto kepada Direktur Produksi & Pengembangan SMBR, Daconi di Gedung Kementerian Perindustrian RI, Jakarta, Rabu (12/12).

Penyerahan Penghargaan Industri Hijau Tahun 2018 oleh Menteri Perindustrian RI Yang Didampingi Oleh Kepala Badan Penelitian & Pengembangan Industri Ngakan Timur

Pabrik Baturaja hingga saat ini meraih penghargaan level 5, yang merupakan level tertinggi dalam klasifikasi Penghargaan Industri Hijau sejak tahun 2014 hingga 2018. Pabrik Baturaja menjadi salah satu dari 28 perusahan yang meraih level 5 selama 5 tahun berturut-turut. Sedangkan Pabrik Panjang meraih level 4 tahun pada 2014-2016 dan level 5 tahun pada 2017-2018. Serta Pabrik Palembang meraih level 4 tahun pada 2015-2016 dan level 5 tahun pada 2017-2018.

Para Penerima Penghargaan Industri Hijau Tahun 2018 dari Kementerian Perindustrian RI

Menteri Perindustrian RI menyerahkan, Penghargaan Industri Hijau Tahun 2018 kepada 143 perusahaan yang terdiri dari 87 perusahaan mendapat level 5 dan 56 perusahaan dengan level 4. Klasifikasi penghargaan industri hijau dimulai dari level 1 sampai 5, di mana level 5 merupakan peringkat tertinggi.

 

Piagam Penghargaan Industri Hijau Level 5

Penghargaan Industri Hijau diberikan kepada perusahaan yang telah menerapkan prinsip industri hijau dalam proses produksinya, mengutamaka nupaya efisiensi dan efektivitas penggunaan sumber daya secara berkelanjutan sehingga mampu menyelaraskan pembangunan industri dengan kelestarian fungsi lingkungan hidup serta dapat memberikan manfaat bagi masyarakat.

Kriteria penilaian PIH meliputi proses produksi yaitu, program efisiensiproduksi, material input, energi, air, teknologi proses, sumber daya manusia, dan lingkungan kerja di rumah proses produksi. Selain itu Kinerja pengelolaan limbah/emisi, meliputi program penurunan emisi GRK, pemenuhan buku mutu lingkungan, dan sarana pengelolaan limbah/emisi. Serta manajemen perusahaan meliputi standard operasional, corporate social responsibilitu (CSR), penghargaan dan kesehatankaryawan.

Direktur Produksi & Pengembangan SMBR Pose Bersama Usai Menerima Penghargaan Industri Hijau Tahun 2018

Sejalan dengan visi untuk menjadi Green Cement Based Building Material Company Terdepan di Indonesia, Semen Baturaja selalu berupaya untuk konsisten dalam menggunakan sumber daya alam berupa bahan baku, energi, air dan bahan pendukungnya secara bijaksana dan tidak berlebihan, mengurangi emisi gas rumah kaca, mencegah terjadinya kerusakan lingkungan, serta menerapkan konsep produksi bersih pada mesin-mesin melalui pemilihan teknologi yang ramah lingkungan. (adv)

Komentar

Rekomendasi