oleh

Bawaslu Mesuji Turunkan APK Melanggar

RADARLAMPUNG.CO.ID – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Satpol PP Mesuji, Panwas Kecamatan dibantu personil TNI menertibkan alat peraga kampanye (APK), seperti spanduk, baliho, poster, stiker, hingga pamflet yang melanggar aturan.

“APK yang ditertibkan karena terpasang di tempat terlarang, seperti pohon, tiang listrik, jalan protokol, tembok sekolah, pagar, dan tembok kantor pemerintah,” kata Ketua Bawaslu Mesuji Apri Susanto, kepada Radarlampung.co.id Selasa (18/12).

Sebelum menurunkan, Bawaslu sudah memberikan peringatan kepada pemilik pemilik APK agar menurunkannya sendiri. Namun sampai batas waktu ditetapkan tidak kunjung menurunkan APK miliknya. Akhirnya Bawaslu dan Satpol PP Mesuji mengambil langkah tegas dengan menurunkan paksa.

Apri menegaskan, dalam melakukan penertiban pihaknya tidak tebang pilih. Siapapun yang melanggar, tegas dia, APK-nya pasti diturunkan paksa. Upaya persuasif juga dilakukan dengan mengimbau seluruh caleg, agar pada saat akan memasang APK selalu mematuhi aturan dan ketentuan yang berlaku. Prinsipnya jangan sampai mengganggu estetika, etika, dan keamanan kawasan.

“Kami tidak pilih-pilih. Siapapun yang melanggar APK-nya diturunkan. Bahkan meski APK terpasang di tempat-tempat yang diizinkan tapi kalau mengancam keselamatan orang maka harus dipindahkan,” tuturnya seraya menyebutkan penertiban APK akan berlangsung selama 7 hari dengan sasaran di 7 kecamatan yang ada di Mesuji. (muk/sur)

Komentar

Rekomendasi