oleh

Ini Tujuh Zona Pengelolaan TNBBS

radarlampung.co.id – Balai Besar Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS) bersama lintas terkait menggelar konsultasi publik dalam rangka mencari masukan rencana tinjauan ulang zona pengelolaan kawasan TNBBS mulai 2014-2018.

Kepala Bappeda Lambar Okmal mengatakan, ada lima poin yang disepakati dalam pertemuan di Hotel Horison, Bandarlampung tersebut. Zona pengelolaan kawasan TNBBS dilakukan dengan memperhatikan kondisi bisofik, sosial ekkonomi masyarakat, dinamika yang berkembang dan hasil-hasil inventarisasi lapangan.

”Pengelolaan TNBBS dibagi dalam tujuh zona. Yakni zona inti seluas 144.054 hektare (Ha), zona rimba seluas 98.323 Ha, zona rehabilitasi seluas 54.450 Ha, Zona pemanfaatan 13.553 Ha, zona tradisional seluas 3.030 Ha, zona khusus seluas 156 Ha dan zona religi seluas 6 Ha,” kata Okmal, Selasa (18/12).

Selanjutnya, untuk penetapan zona pengelolaan TNBBS akan ditindaklanjuti dengan revisi rencana pengelolaan jangka panjang. Nantinya akan disosialisasikan di tingkat tapak. “Dukungan, sinergi dan keterlibatan para pihak memiliki peran penting dalam upaya mewujudkan pengelolaan TNBBS yang optimal dan berkelanjutan,” tegasnya. (lus/ais)

 

Komentar

Rekomendasi