oleh

Ungkap TPPU Narkoba dan Sita Rp1,2 M

radarlampung.co.id – Selain memusnahkan 3,3 kilogram Sabu, Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Lampung mengungkap Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) dari dua tersangka, Dodi Purnomo alias Pung alias Wiro dan Sai Roni alias Roni alias Bram warga Kabupaten Lampung Selatan.

Kepala BNNP Lampung Brigjen Tagam Sinaga menjelaskan, pengungkapan TPPU berawal dari penangkapan dua tersangka Aliyus dan Deto yang membawa sabu-sabu sebanyak tujuh Kg asal Palembang pada 2016. Keduanya kini tengah menjalani hukuman di Rumah Tahanan (Rutan) Wayhuwi, Lampung Selatan.

“Keduanya dikendalikan oleh tersangka Sai Roni dan sabu itu akan diberikan ke Dodi yang bertugas sebagai penjual. Sai Roni selain berperan sebagai pengendali kurir juga sebagai kurir, uang hasil penjualan oleh Dodi dikirimkan kepada Bos Dedi (DPO) melalui tiga rekening orang lain,” ungkap Tagam di kantornya, Rabu (19/12).

Ia memaparkan, Dodi membeli Sabu tersebut dari Bos Dedi sebesar Rp600 juta. Setiap satu Kg sabu dijualnya Rp1 miliar dan keuntungannya dibelikan beberpa petak tanah, membangun rumah, dan mobil.

“Dari mereka kami menyita uang tunai sebesar Rp1.228.700.000.000, satu bidang tanah yang berdiri rumah di Natar, Lampung Selatan, dua bidang tanah di Desa Pemanggilan, Natar, Lampung Selatan, dua mobil Toyota Kijang dan Honda Jazz, satu unit sepeda motor, satu buah buku sertifikat tanah, dua buah buku Akte Jual Beli (AJB) tanah, dua buah buku rekening Mandiri beserta ATM, dan satu buah rekening BCA beserta ATM,” beber Tagam. (ang/kyd)

Komentar

Rekomendasi