oleh

Jelang Pergantian Tahun, Segini Tarif Tol Lematang-Kotabaru

RADARLAMPUNG.CO.ID – Pasca diresmikan Presiden Joko Widodo akhir Januari silam, beberapa ruas Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) di Lampung sudah mulai dibuka dan dapat dioperasikan. Khususnya ruas tol Lematang-Kotabaru.

Ya, jalur sepanjang sekitar 5 KM tersebut sudah dioperasikan secara teknis, sehingga pengguna jalur tersebut sudah diwajibkan memakai kartu e-toll untuk bisa masuk. Pola tersebut untuk menyosialisasikan pembayaran secara nontunai kepada para pengguna jalan tol.

Setiap pengguna diwajibkan menempelkan kartu e-money atau e-toll ke mesin agar pintu gerbang terbuka. Mengenai jenis kartu yang bisa dipakai, prinsipnya perbankan yang sudah bekerja sama bisa diterima pengunaan kartu nontunainya. Beberapa perbankan yang sudah menjadi mitra dalam pelayanan pembayaran tol terdiri dari Bank BNI, Mandiri, BRI, BCA, serta BTN.

Awal dibuka, pengendara tidak dikenakan tarif sepeserpun. Dan, kini menjelang pergantian tahun, tarif ternyata masih tetap nol rupiah. Alhasil, ketika kartu ditempelkan ke mesin, saldo pengguna tidak berkurang karena jalan tol itu masih digratiskan. Masa sosialisasi dengan pembayaran nol rupiah belum diketahui pasti sampai kapan diberlakukannya.

“Kami pun belum tahu sampai kapan gratisnya mas,” ungkap salah satu penjaga gerbang tol yang enggan disebut namanya. (sur)

Tonton juga video penelusuran JTTS oleh Radar Lampung: 

Komentar

Rekomendasi