oleh

Nih, Tiga Sektor yang Disorot BPK

radarlampung.co.id – BPK RI Perwakilan Lampung menyoroti tiga sektor pelaksanaan pemerintahan. Ketiganya yakni, Kesehatan, Pendidikan, dan Dana Desa.

Kepala BPK-RI Perwakilan Lampung Sunarto menjelaskan, untuk sektor pendidikan pada Bantuan Operasional Sekolah (BOS), di mana temuan di mayoritas daerah adalah sasaran yang kurang tepat.

“Ini kan harus tepat. Ada kasus orangnya sudah lulus, bantuannya baru diberikan. Jatuhnya malah berhutang, ” katanya usai memberikan laporan hasil pemeriksaan terhadap kinerja delapan kabupaten/kota sektor Pendidikan, Kesehatan dan Dana Desa di aula BPK RI Perwakilan Lampung, Kamis (20/12).

Untuk Dana Desa (DD), sambungnya, persoalan lama yang masih terjadi adalah kurang fahamnya Kepala Desa dalam pengelolaan dana tersebut.

“Kalau DD jelas. Banyak kasus Kades dalam pengelolaan keuangan dana tersebut. Apakah karena bermain atau karena kurang faham. Kita menekankan pembinaannya. Jangan sampai karena tidak mengerti akhirnya terjebak,” ujar Sunarto.

Sementara itu, untuk Kesehatan rata-rata persoalan yang terjadi mengenai pengadaan dan distribusi obat. Kemudian, persoalan kalibrasi alat kesehatan. “Jadi tiga sektor ini merata terjadi di delapan kabupaten/kota yang kita serahkan LHP-nya,” tandasnya. (abd/kyd)

Komentar

Rekomendasi