oleh

Tanpa Pemantul Cahaya, Bisa Ditilang dan Tak Lulus Uji KIR

radarlampung.co.id – Pemerintah menekankan kepada seluruh kendaraan bermotor khususnya kereta gandengan, dan kereta tempelan agar memasang alat pemantul cahaya tambahan. Hal ini merujuk Peraturan Dirjen Perhubungan Darat (Hubdar) Nomor: SK.5311/AJ.410/DRDJ/2018 tentang pedoman teknis alat pemantul cahaya tambahan pada kendaraan bermotor, kereta gandengan dan kereta tempelan di Provinsi Lampung.

Kasi Audit Keselamatan Ditjen Hubdar Kementerian Perhubungan, Hadi Setia Budi mengatakan, sosialisasi sudah dilakukan termasuk di Lampung. Penekanannya adalah Bus dan Mobil Angkutan, baik penumpang maupun barang.

“Jadi jika tidak dipasang alat pemantul cahaya berbentuk stiker ini, akan ditindak sesuai dengan aturan dan tidak akan lulus uji laik kendaraan,” katanya di lingkungan Pemprov Lampung, Kamis (20/12).

Namun, aturan ini baru diberlakukan sepenuhnya pada Mei 2019. Di mana, saat ini masih dalam tahap sosialisasi. “Kebetulan untuk Lampung, daerah yang kedelapan. Maksudnya adalah untuk memininalisir angka kecelakaan lalulintas,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Lampung Qudrotul Ikhwan mengatakan, kebijakan ini dilakukan mengingat di beberapa negara sudah menerapkanya. “Ini (pemantul cahaya, red) jarak pandangnya bisa sampai 200 meter. Saya contohkan ada kecelakaan karena menabrak truk sedang berhenti. Nah dengan adanya pemantul cahaya ini, hal-hal seperti ini bisa dihindari, ” ujarnya. (abd/kyd)

Komentar

Rekomendasi