oleh

Viralkan, Dukung Perjuangan Hentikan Pembantaian Etnis Uyghur!

RADARLAMPUNG.CO.ID – Pernyataan sikap Forum Umat Islam Bersatu (FUIB) Lampung tentang genosida (semacam pembantaian) Etnis Uyghur di Xinjiang Tiongkok, beredar viral melalui pesan berantai WhatsApp. Dalam rilis yang juga diterima radarlampung.co.id disebutkan, sehubungan terjadinya hal tersebut, FUIB menyatakan beberapa sikap.

Pertama, mengutuk dengan tegas segala bentuk genosida Etnis Uyghur di Xinjiang oleh Rezim Komunis Tiongkok. Meminta kepada dunia internasional memberikan tekanan diplomatik terhadap rezim komunis Tiongkok untuk memberhentikan segala bentuk genosida terhadap Etnis Uyghur di Xinjiang.

Kemudian, meminta PBB mengusut tuntas dengan menurunkan tim pencari fakta ke Uyghur di Xinjiang. Sekaligus meminta PBB menjatuhkan sanksi ekonomi dan diplomatik terhadap rezim komunis Tiongkok.

Berikutnya, meminta lembaga HAM internasional menangkap rezim komunis Tiongkok atas pelanggaran HAM berat terhadap Etnis Uyghur di Xinjiang. Pemerintah Indonesia diminta bersikap tegas membela Etnis Uyghur dengan menekan rezim komunis Tiongkok menstop segala bentuk genosida. Juga meminta masyarakat Internasional membaikot segala produk yang di Export Tiongkok.

Tidak lupa, meminta kepada Pemerintah Indonesia mengirim tenaga medis dan bantuan kemanusiaan kepada Etnis Uyghur di Xinjiang Tiongkok.

Ya, demikianlah pernyataan sikap yang beredar luas, dengan haparan agar menjadi peringatan bagi semua pihak. Di mana dalam rilis turut dicantumkan nama-nama formatur FUIB Lampung dengan Ketua umum Dr. KH. Bukhori Abdul Shomad, MA. dan Sekretaris Umum Akbar Tanjung, serta Pembina H. Ardiansyah, S.H.. (rls/sur) 

Komentar

Rekomendasi