oleh

Cegah DBD, Bina Siswa Jadi Jumantik

radarlampung.co.id – Sejak awal tahun, tercatat 17 warga Lampung Barat terjangkit demam berdarah dengue (DBD). Dibanding tahun lalu, kasus yang ditangani saat ini mengalami penurunan.

Kabid Pencegahan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Dinas Kesehatan Lambar Suhendrawati mengungkapkan, berbagai upaya dilakukan untuk menurunkan kasus tersebut. Antara lain dengan program satu rumah satu jumantik (juru pemantau jentik).

Dalam program tersebut, Dinas Kesehatan Lambar mengajarkan kepada siswa sekolah untuk memantau jentik-jentik nyamuk yang ada di lingkungan rumah. ”Di lingkungan tempat tinggal, mereka (siswa, Red) akan mengajarkan keluarga dan tetangga. Bagaimana memantau jentik nyamuk, dan cara mengatasinya,” kata Suhendrawati.

Penyuluhan dengan sasaran siswa sekolah, guru dan kader tersebut telah berjalan sejak 2017 lalu. Saat itu tercatat 173 orang dan tahun ini mencapai 183 orang.

”Harapan kami tidak sebatas mereka. Tetapi bagaimana mengajarkan masyarakat. Dengan begitu, ledakan DBD bisa diminimalisir,” tegasnya. (nop/ais)

 

Komentar

Rekomendasi