oleh

Ombak Besar, Warga Kalianda Berhamburan

radarlampung.co.id – Ombak pasang yang menghantam perairan Kalianda dan Rajabasa, Lampung Selatan menyebabkan warga setempat panik. Derasnya terjangan ombak  membuat warga berhamburan keluar rumah dan langsung mencari tempat aman.

Menurut Asmin (37), warga Kalianda, peristiwa itu berlangsung cepat. ”Saya tidak tahu berapa tinggi ombaknya. Pastinya kencang. Saya saja sampai terpental, perabotan rumah hanyut,” katanya kepada Radarlampung.co.id, sekitar pukul 22.25 WIB, Sabtu (22/12).

Menurut dia, terjangan ombak yang sempat diduga tsunami mulai terjadi sekitar pukul 20.00 WIB. “Saya tidak ingat. Yang jelas kejadiannya habis Isya. Kami semua panik karena ombak tiba-tiba naik,” ucapnya.

Menurut petugas Pos Pemantau Gunung Anak Krakatau, Andi Suwardi, ombak yang menghantam wilayah Kalianda – Rajabasa bukan tsunami. “Sepertinya itu pasang,” ucapnya.

Berdasar pantauan Radarlampung.co.id, ratusan warga Kalianda masih bersiaga di pertigaan Lingkungan Kalianda Bawah. Kondisi di kawasan tersebut cukup mengkhawatirkan.

Banyak perabotan rumah tangga yang ikut terhanyut. Bahkan, kapal milik nelayan juga terseret ombak sampai ke pemukiman warga. Selain akses jalan yang macet, lampu di jalan protokol Kalianda juga padam. (rnd/ais)

 

 

Komentar

Rekomendasi